Selasa, 30 Juni 2020

Berbagi Pesan Moral Melalui Cerita Pendek atau Cerpen

Jumpa kembali Dunia Cerpen, Hibernasi dan Puisi

Pesan Moral Dalam Sebuah Karya Tulis

cerpen, puisi dan hibernasi
image source: pixabay.com

Lama tak bersua dengan ragam karya pena, di 2020 ini, adrenalin kepenulisan saya seolah terpanggil kembali untuk bangkit. Setelah hampir 10 tahun lebih berpisah dengan kegiatan olah kata yang biasanya dulu sering dilakukan.

Alasan kesibukan dan keterbatasan alat yang bisa mendukung kegemaran seolah dengan angkuh menjeda kebiasaan yang beberapa waktu lalu menjadi menu harianku. Memang 2 tahun yang lalu pun saya sudah menulis lagi dengan menjadi kontributor di beberapa media online, tapi itu juga kembali tertunda.

Sampai saat ini pun saya masih terdaftar sebagai kontributor lepas dengan sistem kerjasama yang disepakati bersama. Sekarang ditambah lagi menemukan media online yang kategori penulisannya ada beberapa yang sangat saya sukai, yaitu Hibernasi, Cerpen dan Puisi. Walhasil, saya pun merasa tergerak untuk ambil bagian, andil berkontribusi.

Rencananya semua karya tulis saya yang dipublish di media pihak ketiga akan saya lakukan keterkaitan dengan situs ini. Dan kemungkinan rencana pembuatan komunitas temanpena pun akan segera kami rintis kembali, guna meningkatkan minat literasi, saya pun percaya bahwa selalu ada pesan berharga dari sebuah karya pena bagi pembacanya.

Di beberapa cerita pendek yang sedang saya siapkan untuk media pihak ketiga pun berusaha sekuat tenaga untuk senantiasa menyisipkan pesan moral, karena memang disanalah titik tekan yang menjadikan sebuah cerita pendek atau cerpen terasa bermakna.

Walaupun di beberapa cerpen ada yang seolah vulgar, bukan itu sebenarnya muatannya, itu hanya pengejawantahan keadaan dalam suasana nyata saja maupun yang terlintas di pikiran kemudian dituangkan dalam untaian kata sehingga membentuk sebuah cerita.

Jadi, mari kepada para pembaca setia TemanPena untuk senantiasa memperbaharui informasi terkini di situs ini, Insya Alloh setelah semua naskahnya hadir akan senantiasa saya tayangkan disini. Akan lebih senang lagi jika berpartisipasi aktif dalam berbagi pesan moral melalui tulisan, cerpen satu diantaranya.

Dibawah ini Tulisan saya untuk kategori Non Cerpen yang telah aktif di media pihak ketiga :

Kesadaran Jiwa Sebagai Obat Efek Corona yang Paling Mujarab

Untuk Melihat secara mudah seluruh karya tulis, bisa masuk ke menu BUKU DAN KEPENULISAN kemudian pilih SEMUA KARYA TULIS